Senin, 18 April 2011

Perjalanan seorang supir menuju jalan sufi part 9

http://uwadjelly-ambo.blogspot.com/PERJALANAN Seorang SUPIR menuju jalan SUFI part 9

oleh Uwa Djelly Tjaniago pada 10 Januari 2010 jam 19:18
Sambil minum-minum dan bernyanyi aku sempat berkenalan dengan salah se orang pengurus/Agen
Bus malam yang kebetulan beliau berasal dari tanah BATAK ..kami Asik bercerita sementara.. yang
Lainnya sibuk dengan minumannya...

HAl hasil Ujung dari rangkaian ceritaku , Aku Urungkan niatku untuk melamar kerja di Rumah makan
padang.... Aku dijanjikan oleh kawan yang baru kukenal di terminal itu beliau akan memasukan aku bekerja di sebuah perusahaan bus malam di surabaya.Yaitu Bus malam MAJU LANCAR...........

Malam itu kami selesai minum sekitar jam 02:00 wib dan lansung bubar,
Aku berjanji besok siang sama kawan yang baru ku kenal itu Namanya KRISTON SIMBIRING,
Sesuai dengan janji yang sudah kami sepakati ke esokan harinya kami bertemu di kantor Bus
Malam MAJU LANCAR yang be alamat di Jalan Kedung Doro....................

Setelah kami bertemu Di kantor tersebut bercerita sebentar lalu kawan itu masuk kedalam
Ruangan personalia... Entah apalah yang mereka ceritakan di dalam dengan waktu yang sangat
Singkat kawan itu keluar dari ruangan personalia dan lasung menemui kepala muntir didalam Pool Bus
Itu juga,selesai dari situ aku di ajak kawan itu minum kopi kekantin disebelah kantor Pool Bus itu

Sampai di kantin kami bercerita panjang lebar tentang cara-cara bergaul di surabaya dan kalau di
panggil nanti sore kata kawan itu bilang aja kamu saudara saya kata Kawan itu..... selesai kami minum
kawan itupun pamit pulang dan aku disuruh menunggu di Pool tersebut.....................

Sesuai instruksi kawan itu Aku kembali duduk-duduk kedalam pool ,tak lama kemudian aku Disamperin
oleh orang yang tidak ku kenal Beliau menanyakan kepadaku kapan sampai dari medan tanyanya
aku agak bingung menjawab , karna aku bukan dari Medan........................

Secepat nya aku mencari alasan karna yang aku tidak merasa dari Medan . Tapi mungkin itu yang di maksutkan oleh kawan itu tadikalau ada orang menanyakan kamu bilang kamu saudara saya ,

Yang pasti kawan tadi orang Medan kalau aku saudaranya ber arti aku di anggap orang itu, Aku
Baru datang dari Medan......... lalu aku jawab dari medan nya aku sudah lama tapi aku sempat
tinggal di jakarta dulu jawabku

Lalu si orang itu Bercerita Tentang KRISTON SIMBIRING yang mengantarkan aku ke Pool itu... Kata orang itu Siapa orang di kantor ini yang berani menolak bawaan bang KRISTON kata orang itu.. Dengan sedikit penasaran aku bertanya dulu kepada orang yang bercerita denganku itu.... Aku bertanya
Mas sebagai apa di sini tanyaku, beliau menjawab saya kepala pool di sini kata orang itu..

Lalu aku bertanya lagi kepada kepala pool itu. Kalau Bang KRISTON sebagai apa disini Tanyaku
Orang itu menjawab..Dulu dia bekerja disini kata orang itu tapi sekarang jarang - jarang di masuk
Pokoknya kalau Bang KRISTON mau kerja atau ndak sama aja dia orang dekat dengan BOS kata
Kata orang itu,

Aku tanyakan latar belakang nya KRISTON itu kepada kepala Pool, Jawabannya singkat padat
Bang KRISTON anak kesayangan atau anak mas BOS dia (KRISTON) tidak banya Cerita dan di
Segani oleh preman-preman di sini jawab kepala Pool itu..................

Semangkin membuat aku penasaran Sosok Seorang KRISTON yang ku kenal didalam terminal
Ternyata beliau adalah mantan Preman klas kakap yang sudah tobat... dari situ aku sudah mulai menimbah ilmu Orang-orang yang sudah malang melintang di Dunia Preman...............

Masih asik - asik kami bercerita kepala pool mamit mau ngatur jadwal pemberangkatan Bus berikut
mengatur pengemudi dan kernet bus yang akan berangkat sesuai dengan tujuan nya ..............
setelah selesai membuat jadwal kepala pool itu memanggilku dan mengatakan kepadaku.. nanti malam mas busnya berangkat jam 19:15 ke terminal jurusan YOKYAKARTA..........................

Ternyata aku di terima jadi kernet Bus malam MAJU LANCAR Jurusan SURABAYA - YOKYAKARTA
Sedikit aku merasa agak tenang walau aku tidak punya pengalaman dengan pekerjaan itu
Aku di panggil kedalam ruangan kepala pool aku di kasih pengarahan dan tata cara melayani penumpang

Setelah selesai dari ruangan kepala Pool aku mandi di Pool itu sambil bersiap-siap untuk berangkat keterminal sekitar satu jam lagi, karna aku tidak punya pengalaman sama sekali aku banyak bertanya-
tanya kepada orang-orang yang bekerja sebagai klernet di perusahaan itu..........
Karena aku di anggab orang baru setiap yang aku tanyakan sama kernet-kernet tersebut aku
mendapatkan jawaban yang kurang mengenakan perasaan jawabannya ... tapi aku berusaha
Untuk tenang dan menutupi watakku yang sesungguhnya,.....................

Jam 19:00 aku di suruh bersiap-siap oleh kepala pool . aku di suruh ke gudang mengambil minuman
Sebanyak tiga krat..Aku sedikit agak kaget juga waktu disuruh mengangkat minumam untuk di
bagi-bag-kan kepada penumpang nanti di jalan.................

setelah selesai urusan di pool kami (bus) berangkat ke terminal Wono kromo, Aku berdiri di pintu
deman layaknya seorang kernet , ddalam hati aku setengah malu dengan kenyataan itu.... tapi
karna Niatku ingin merubah segalanya aku berusaha melupakan kisah-kisah aku di jakarta dulu..

Sampai bus di Terminal aku turun dan lari kebelakang bus untuk memberi aba-aba mobil mundur
setelah mobil parkir aku naik ke mobil dan duduk di bangku belakang menunggu jam pemberangkatan
Berselang 10 menit naik seorang perempuan ke atas mobil yang sydah sangat familiar dengan Supir
Bus tersebut.. Lalu si perempuan itu menghampiriku ke belakang dan bertanya kepadaku........
kamu ya kernet mobil ini tanyanya, aku jawab iya mbak.. lalu si mbak itu mengenalkan dirinya.. Nama saya medi pramugari Bus ini , kita satu tim saling mengingatkan kata pramugari itu...............

Hatiku mulai kacau dan Malu .. dengan pekerjaanku itu karna yang sama bekerja denganku adalah
seorang wanita yang parasnya boleh di bilang lumayan cantik ... untuk menjadi seorang pramugari
Bus Malam.... tapi mau tidak mau aku harus menjalankan tugasku sebagai kernet....

Jam 21:00 penumpang sudah mulai naik ke dalam Bus dan pramugari sudah sibuk dengan mengatur
tempat duduk penumpang sesuai dengan No tiket masing-masing Setelah semuanya selesai Jam 21:30 Bus berangkat meninggalkan terminal Wono kromo...............

Kurang lebih 5 menit Bus tersebut meninggalkan terminal Pramugari memberi aba-aba kepadaku supaya Aku mempersiapkan Kue dan minuman yang akan dibagikan kepada setiap penumpang
Aku merasa sedikit grogi akan berhadapan dengan penumpang untuk mebagi-bagi kan minuman dan
kue tersebut,ternyarta setelah selesai aku persiapkan yang membagi-bagi kan nya adalah pramugari

setelah selesai membagikan kue dan minuman supir mematikan lampu aku mulai bertugas di depan
berdiri di pintu sebelah kiri sambil memberi komando kepada supir kalau mau mendahului atau mau masuk ke kiri setelah mendahului... dua jam pertama aku merasa canggung dengan keadaan ku yang
betul-betul menguji nyaliku rasanya pada saat itu...................................

Perjananan surabaya Madiun cukup jauh aku rasakan karna selama dalam perjalanan aku dalam posisi yang berdiri selama empat jam lamanya. sesampainya Bus tersebut di sebuah Restoran untuk beristirahat makan , semua penumpang di persilahkan turun.. dan setelah semua penumpang
turun aku di ingatkan pramugari di suruh menyapu / membersihkan dan mengumpulkan botol yang
kosong ..

Waktu aku mulai membersihkan sampah dalam Bus sambil mengumpulkan botol dan menyapu..
Rasa malu dan sedih menumpuk dalam dadaku.. mau menghindar dari kerjaan itu rasanya sudah tidak mungki. Selesai aku membersihkan Mobil aku mengambil Dua botol kosong di samping tempat duduk supir
untuk di isi kopi dan air putih... setelah itu baru aku ikut bergabung makan sama supir dan pramugari.
Bus...

Sambil makan kami bercerita-cerita ringan tentang Diriku terutama si supir dan pramugari ingin tau
Asal usulku kok bisa bekerja jadi kernet Bus di Surabaya..........



NYAMBUNG LG NANTI.................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar